Workshop  Peningkatan Kapabilitas APIP Menuju Level 3

Dalam rangka peningkatan kualitas dan kapasitas APIP, sejak hari Rabu hingga Jumat, 7-9 Maret 2018, BPKP Perwakilan Jawa Tengah dan Inspektorat Kabupaten Batang menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapabilitas APIP Menuju Level 3 , yang diikuti oleh peserta dari 8 (delapan) Inspektorat di wilayah pantura barat Provinsi Jawa Tengah, yaitu Inspektorat Kab. Brebes, Kota Tegal, Kab. Tegal, Kab. Pemalang, Kab. Pekalongan, Kota Pekalongan dan Kab. Kendal. Acara yang digelar di Agrowisata Pagilaran, Kabupaten Batang tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan workshop peningkatan kapabilitas APIP yang dilakukan oleh BPKP Perwakilan Jawa Tengah yang diselenggarakan rutin setiap tahun.

Peningkatan kapabilitas APIP merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi target RPJMN 2014-2019, dimana APIP harus telah mencapai Level 3 dari 5 Level IACM yang diterbitkan oleh IIA. Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dalam mengawal akuntabilitas pembangunan nasional menjadi perhatian penting Presiden Joko Widodo. Presiden memberikan target kepada BPKP selaku pembina APIP untuk meningkatan kapabilitas APIP dalam jangka waktu lima tahun ke depan, yang semula kapabilitas APIP di level 1 sebanyak 85%, maka lima tahun mendatang harus dibalik menjadi kapabilitas level 3 lah yang sebanyak 85%Pada Level 3 tersebut, APIP diharapkan dapat berperan sebagai penjamin mutu, sebagai garda terdepan dalam memastikan pencapaian tujuan daerah, serta sebagai garda depan untuk memastikan pelaksanaan kegiatan sesuai dengan aturan dan memenuhi prinsip 3E yaitu efektifitas, efisiensi dan ekonomis.

Dalam kegiatan workshop tersebut, para peserta saling berbagi pengalaman (sharing session) dalam kegiatan peningkatan kapabilitas APIP di masing-masing daerahnya. Untuk memonitor perkembangan pembangunan infrastruktur kapabilitas APIP, BPKP menyelenggarakan desk dengan masing-masing Inspektorat, diskusi dan konsultasi permasalahan-permasalahan yang ditemui di masing-masing daerah. Hasil kegiatan ini diharapkan dapat menndorong target seluruh Inspektorat Kabupaten/Kota di wilayah panutra barat mencapai level 3 pada tahun 2018 ini.