Kamis, 06 April 2017 - 15:32:46 WIB

Tingkatkan Kapabilitas APIP, Inspektorat Selenggarakan Pelatihan di Kantor Sendiri (PKS)

Diposting oleh : Admin | Kategori: Berita - Dibaca: 61 kali


Liputan oleh : Naufaliansyah, SE

Slawi (06-04-2017)- Inspektorat Kabupaten Tegal menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan di Kantor Sendiri (PKS) yang bertemakan “Teknis penyusunan KKA, PKA, dan LHP” pada Hari Kamis 6 April 2017 bertempat di Ruang Rapat Lantai 2  Gedung Inspektorat. Acara dibuka langsung oleh Inspektur B.K Aribawa, SP, M.Si dengan narasumber berasal dari BPKP RI Perwakilan Propinsi Jawa Tengah, Bapak Tukimin.

Peserta PKS adalah seluruh fungsional baik P2UPD maupun Auditor di lingkungan Inspektorat Kabupaten Tegal. Maksud diselenggarakannya PKS kali ini adalah dalam rangka menyamakan persepsi tentang Teknis Penyusunan KKA, PKA, NHP, dan LHP sebagaimana tersebut dalam Pasal 11 Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

 Inspektur dalam kalimat sambutannya menyampaikan bahwa kapabilitas Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) baik itu P2UPD maupun Auditor secara teknis haruslah mumpuni guna mendukung pelaksanaan tugas  pengawasan yang semakin kompleks. Salah satu aspek teknis tersebut adalah dalam hal penyusunan Kertas Kerja Audit (KKA) dan Program Kerja Audit (PKA).

“APIP idealnya memiliki pengetahuan teknis yang memadai, apalagi diera sekarang dimana peran Inspekorat dituntut tidak hanya sebagai watchdog namun juga harus menjadi bagian dari solusi atau berperan sebagai konsultan bagi obyek pemeriksaan’, ujar Aribawa.

  Sementara itu dalam pemaparan materi, narasumber Bapak Tukimin mengambil contoh salah satu KKA dan PKA Inspektorat Kabupaten Tegal untuk dibedah dan dibahas bersama untuk perbaikan dan masukan sehingga harapan kedepannya dapan diterapkan oleh masing-masing Pejabat Fungsional di Inspektorat Kabupaten Tegal


Berita Terkait:


0 Komentar :



Isi Komentar :