Sumber dan Manfaat


Pengaduan masyarakat bersumber dari:

a. lembaga-lembaga Negara;
b. badan/Lembaga/Instansi Pemerintah dan Pemerintah Daerah lain;
c. badan Hukum;
d. partai Politik;
e. organisasi Masyarakat;
f. media Massa; dan
g. perorangan.
 
Manfaat pengaduan masyarakat, antara lain sebagai :

a. pelaksanaan fungsi pengawasan oleh masyarakat sebagai pengawas eksternal dalam penyelenggaraan fungsi pemerintahan;

b. alat kontrol yang efektif dan sarana penyeimbang bagi penyelenggara untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja penyelenggaraan fungsi pemerintahan, sekaligus langkah awal dalam perbaikan kinerja;

c. sumber informasi yang bermanfaat bagi penyelenggara untuk melakukan perbaikan tata kelola penyelenggaraan fungsi pemerintahan  sesuai dengan harapan, aspirasi dan keinginan masyarakat. 


Kriteria dan Substansi


Kriteria pengaduan masyarakat yang ditangani adalah :

a. obyektif, tidak bersifat fitnah;
b. bersifat konstruktif;
c. menginformasikan adanya indikasi terjadinya pelanggaran, penyimpangan, penyelewengan, penyalanggunaan wewenang, kesalahan yang dilakukan oleh aparatur;
d. sumbang saran terhadap penyelenggaraan pemerintahan;
e. ditujukan atau ditembuskan kepada Bupati;
f. belum pernah diproses untuk disalurkan.

Substasi pengaduan masyarakat terdiri dari :

a. Substansi pengaduan masyarakat berkadar pengawasan; dan
b. Substansi pengaduan masyarakat yang tidak berkadar pengawasan


Mekanisme Pengaduan Masyarakat


Pengaduan masyarakat dapat disampaikan secara langsung dan tidak langsung. Pengaduan masyarakat secara langsung atau secara lisan melalui temu muka atau tatap muka, baik kepada Bupati dan/atau Kepala SKPD maupun melalui pejabat/petugas pengelola pengaduan.

Pengaduan masyarakat secara tidak langsung disampaikan melalui surat atau media lainnya, seperti melalui sambungan telepon yang disediakan khusus untuk menerima pengaduan, email atau media informasi lainnya.

Pengaduan masyarakat secara tidak langsung dapat disampaikan melalui sarana sebagai berikut:

a. kotak pengaduan/kotak saran di masing-masing SKPD;
b. line-telepon (0283) 491764 - 491765 extention 131;
c. web-site : www.tegalkab.go.id menu “Warga Mengadu”;
d. media cetak pada kolom “Suara Warga”;
e. media elektronik : LPPL Radio Slawi Ayu FM pada acara “Kabar Bupati”;
f. sms gateway nomor : 081548004040

Untuk penyampaian pengaduan masyarakat kepada Inspektur Kabupaten Tegal dapat melalui Form ini.


Form Pengaduan Masyarakat


Formulir pengaduan masyarakat ini untuk penyampaian pengaduan masyarakat kepada Inspektur Kabupaten Tegal