Petakan Potensi APIP, Inspektorat Gelar Psikotes dan Wawancara

Slawi (30/11/2017) Inspektorat bekerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menginisiasi pelaksanaan kegiatan Psikotes dan Wawancara bagi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yaitu Fungsional Auditor dan P2UPD di lingkungan Inspektorat Kabupaten Tegal. Kegiatan tersebut dilangsungkan dari tanggal 28 hingga 30 Nopember 2017 bertempat di Hall Room Hotel Grand Dian Slawi dan Aula Kantor Inspektorat Lantai 2.

Kegiatan yang juga diikuti oleh Inspektur Kabupaten Tegal, BK. Aribawa, SP, M.Si, tersebut bertujuan untuk menyusun gambaran potensi kecerdasan umum, sikap kerja dan kepribadian bagi APIP. Dalam sambutan pembukaan Kegiatan Psikotes dan Wawancara, Inspektur BK Aribawa meminta kepada seluruh peserta agar serius dalam menjalani segala bentuk tes yang telah dijadwalkan namun juga santai tidak perlu terlalu tegang mengingat dalam psikotes tidak untuk benar atau salah. Dalam kesempatan terpisah setelah berakhirnya pelaksanaan Psikotes dan Wawancara, salah seorang peserta, Sukarman, SE, menyampaikan harapannya agar hasil psikotes ini dapat memberikan gambaran yang utuh mengenai kepribadian masing-masing orang sehingga dapat diketahui apa yang menjadi kekuatan yang berpotensi untuk terus dikembangkan dan apa yang menjadi kelemahan untuk diminimalkan.

Kegiatan Psikotes dan Wawancara bagi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang diselenggarakan Inspektorat Kabupaten Tegal pada hari itu diharapkan dapat menggali potensi kecenderungan, kemampuan dari para Fungsional Auditor dan P2UPD, sehingga pengembangan diri masing-masing individu dapat dilakukan sesuai dengan potensinya. Hasil psikotes tersebut akan disampaikan kepada Inspektorat Kabupaten Tegal untuk bahan pengambilan keputusan, terutama dalam pembinaan dan pengembangan SDM.