Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2019

 

Larwasda Tahun 2019

Slawi (23/10/2019) Inspektorat Kabupaten Tegal menyelenggarakan Gelar Pengawasan Daerah (LARWASDA) Tahun 2019 pada tanggal 23 Oktober 2019 dengan mengusung tema “ Mewujudkan Pemerintahan yang Bersih, Terbuka, Akuntabel dan Efektif Dalam Melayani Rakyat”, Acara dilangsungkan di Ruang Rapat Bupati Tegal dengan menghadirkan narasumber dari BPK RI Perwakilan Jawa Tengah, BPKP Perwakilan Jawa Tengah dan Inspektorat Propinsi Jawa Tengah. Sementara itu diundang sebagai peserta adalah seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tegal, Fungsional Auditor dan P2UPD Inspektorat Kabupaten Tegal.

Kegiatan Larwasda dibuka secara langsung oleh Bupati Tegal Dra Umi Azizah. Dalam sambutannya Bupati Umi Azizah menyampaikan apresiasi yang tinggi atas prestasi kerja Inspektorat selama ini sembari mendorong untuk senantiasa meningkatkan kinerja di tahun-tahun mendatang dalam mengawal jalannya pemerintahan Kabupaten Tegal dalam bidang pengawasan. “Inspektorat jika diibaratkan adalah seperti seorang dokter yang mendiagnosa suatu “penyakit” disuatu institusi dan memberikan resep berupa rekomendasi untuk perbaikan. Jadi jika ingin sembuh dari sakit ya memang harus ditebus resepnya” ujar Bupati Umi.

Dalam sesi selanjutnya, Inspektur Aribawa, SP, M.Si menyampaikan tujuan penyelenggaraan Larwasda antara lain adalah menyampaikan informasi hasil pengawasan APIP sesuai dengan Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT); mencapai kesamaan pemahaman dan komitmen mengenai tujuan dan sasaran Pemerintahan yang bebas dari KKN; tersosialisasinya kebijakan pengawasan untuk pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik; dan sebagai upaya percepatan penyelesaian tindak lanjut atas temuan APIP.

Dengan kegiatan Larwasda diharapkan muncul jalinan rasa tanggung jawab kolektif diantara OPD di Kabupaten Tegal dalam menciptakan birokrasi pemerintahan yang bersih, melayani dan akuntabel.   (nof)

 

Materi kegitan Larwasda Tahun 2019 dapat diunduh melalui Menu Unduhan.