Apa itu FMIS dan Mengapa APIP Perlu Menguasai

FMIS merupakan singkatan dari Financial Management Information System, sebuah aplikasi untuk melakukan penatausahaan keuangan daerah yang dikembangkan oleh BPKP. Aplikasi ini menggantikan SIMDA Keuangan yang sebelumnya pernah digunakan. Untuk kepentingan pengawasan (audit, reviu, monitoring, evaluasi dan pendampingan), Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) mutlak perlu menguasai aplikasi ini.

Dengan menggunakan platform teknologi untuk pengawasan keuangan membantu APIP untuk dapat menerapkan metode pengawasan pengelolaan keuangan daerah secara lebih efektif dan efisien. Beberapa manfaat utamanya adalah: pengambilan keputusan yang lebih baik dan lebih efektif karena ketersediaan data; mengurangi waktu yang diperlukan untuk melakukan langkah kerja tertentu memastikan penghematan waktu dan efisiensi, membantu mengurangi biaya operasional; dan memberikan pemahaman yang lebih luas dan mendalam tentang profil entitas auditi, sehingga membantu dalam pengawasan untuk mendorong kinerja yang lebih baik.

Untuk itu Inspektorat Kabupaten Tegal melaksanakan Pelatihan Pengawasan Pengelolaan Keuangan Daerah dengan FMIS pada tanggal 25-26 Agustus 2022 diikuti seluruh pejabat fungsional Auditor dan PPUPD dengan narasumber dari BPKP Perwakilan Jawa Tengah.